in Impian, Pribadi

US $ 1 Billion

Apa yang akan aku lakukan kalau aku memiliki uang US $ 1 billion atau sekitar Rp. 11,5 trilyun karena perusahaanku dibeli oleh perusahaan besar internasional atau karena perusahaanku go public atau karena perusahaanku berhasil tumbuh begitu besar hingga memiliki penghasilan bersih segitu?

  1. Sebagian besar uangku akan kuinvestasikan lagi ke dalam bisnis yang sudah kukenal. Uang yang tidak diputar tidak akan jadi berkat. Ingat perumpamaan tentang talenta, tiga perempuan yang diberi kepercayaan memegang uang oleh tuannya.
  2. Sebagian uangku akan kuberikan untuk riset tentang air bersih, energi dan penyakit di negara-negara miskin. Hidup menjadi bermakna kalau kita bisa memberi manfaat bagi dunia di sekitar kita.
  3. Sebagian uangku akan kuberikan untuk beasiswa pendidikan anak-anak miskin hingga ke jenjang pasca sarjana dan memberi modal usaha untuk anak-anak miskin yang ingin membangun bisnis mereka sendiri. Mungkin di antara mereka akan lahir orang-orang luar biasa yang akan mengubah dunia menjadi lebih baik.
  4. Sebagian uangku akan kuberikan untuk orangtua dan mertuaku. Tanpa mereka, aku tidak akan ada.
  5. Sebagian uangku akan kunikmati sebagai reward untuk diriku sendiri. Penting untuk menghargai diriku sendiri atas keberhasilan yang sudah diraih.
  6. Sisanya – yang pasti akan jauh lebih besar dari reward yang aku terima – akan kuberikan pada istriku. Buat makan sehari-hari, dan mungkin dia akan beli Lamborghini ungu impiannya 🙂

Leave a Reply