in Pribadi

Tentang Pendeta Yang Itu

Biasanya sih ya, kalo ada orang yang merasa sama orang ini bermasalah, sama orang itu bermasalah, sama banyak orang bermasalah, biasanya justru dianya sendiri yang bermasalah. Jadi kalo ada pendeta mengeluh terus karena majelisnya bikin masalah terus sama dia meski majelisnya udah gonta ganti berkali-kali, mungkin justru si pendetalah yang bermasalah. Mungkin caranya memperlakukan majelis dan jemaat tidak tepat. Mungkin dia menempatkan majelis dan jemaat sebagai pengikut yang harus nurut manut sama pendeta. Mungkin karena dia gak paham cara memperlakukan orang lain dengan benar. Atau karena sebab-sebab yang lain. Ya kita ngerti lah, pendeta itu belajar teologi bertahun-tahun. Tapi kebijaksanaan kan tidak dibentuk di ruang kuliah, ya to? Kalau mengambil peran sebagai guru spiritual tapi ego keakuannya masih gede banget (geli liat pendeta update status kayak abege, narsis abis sampai setiap slide kotbah selalu ada foto dia, di kotbah lebih sering pakai kata “saya” ketimbang “kita”, pengen makin eksis diakui sebagai orang penting), ya siap-siap aja berbenturan terus dengan berbagai pihak. #bosenmuakdengerkotbahngeluhterus

Leave a Reply