in Catatan Kehidupan, Pribadi

Begadang

Tahu enaknya begadang? Kerja dalam suasana sepi, tenang, gak ada gangguan suara ramai kayak kerja di siang hari. Plus, bisa lebih menikmati kopi. Kalau buatku, ngopi itu paling enak malam hari. Hawanya lebih dingin daripada siang hari, bikin setiap sruputan kopi terasa hingga di dada.

Tapi begadang ternyata ada nggak enaknya juga. Nggak enaknya, besoknya bangun pasti siang. Gak masalah kalo kita udah merdeka secara keuangan. Bangun siang pun uang tetep ngalir terus. Sebelum sampai ke sana, ada banyak hal yang seharusnya bisa dikerjakan pagi hari tapi jadi gak bisa. Padahal kerja pagi hari itu nikmat juga lho. Sambil minum teh di beranda, buka laptop atau baca buku, liat cewek-cewek abege SMA berangkat sekolah.. *plaakk Belum lagi seharian pasti bawaannya ngantuk kalo kurang tidur. Iya sih bisa tidur siang. Tapi itu makin mengurangi aktivitas kita di siang hari. Padahal ada banyak hal yang hanya bisa dikerjakan siang hari ketika hari masih terang benderang. Jalan-jalan puter-puter kota misalnya. Gak enak puter-puter kota jam 3 pagi. Gak ada yang bisa dilihat. Kalo siang kan enak jalan-jalan puter-puter kota, survei lokasi, main ke mall, liat cewek-cewek abege SMA nongkrong habis pulang sekolah.. *plaakk

Kayaknya emang paling enak kalo manusia gak butuh tidur. Bisa kerja tenang di malam hari, jalan-jalan di siang hari. Tapi kan gak mungkin. Bisa sih, tapi perlu teknik khusus dan belum tahu efek samping jangka panjangnya. Lagian, tubuh kita emang kayaknya didesain butuh waktu tidur. Tidur bukan cuma buat mengistirahatkan tubuh fisik tapi juga relaksasi mental. Ada banyak hal yang terjadi dalam pikiran kita selama kita tidur. Jadi ya seharusnya kita beri waktu buat tubuh kita untuk menikmati tidur.

Eniwei, nulis ini cuma karena pengen memulai kebiasaan baru untuk kerja siang hari. Percuma juga begadang. Tidurnya tetep 7-8 jam. Tidur jam 3 pagi, ntar bangun jam 10 pagi. Waktu kerja siang hari jadi kepotong, padahal tidak semua kerjaan bisa dikerjakan malam hari. Blom lagi besok kalo udah punya anak harus bangun pagi, mandiin anak, antar anak sekolah, de es te. So, kayaknya emang musti ngalahin kerja yang di malam hari. Fokus dulu kerja di siang hari biar hasilnya maksimal.

Leave a Reply